6 Hal Yang Harus Dilakukan Setibanya di Hong Kong International Airport

By 1.4.16 , ,

Sumber Gambar: www.hongkongairport.com
Sumber Gambar: www.hongkongairport.com
Hong Kong International Airport atau dikenal dengan singkatan HKIA adalah tempat singgah yang pasti diinjak pertama kali oleh traveller internasional. Untuk memudahkan perjalanan traveller selama berlibur di negara Hong Kong, maka jangan lupa untuk melakukan keenam hal berikut ini.

6 hal yang harus dilakukan setibanya di HKIA:

HKIA Arrival Hall

1. Ikuti Petunjuk Arah Menuju Arrival Hall.

FYI (For Your Information), HKIA dibangun di atas pulau terpisah yang sangat besar. Jadi sangat penting untuk mengetahui ke arah mana yang tepat untuk sampai ke area immigration check dan klaim bagasi. Jangan kaget ya, karena setelah turun dari pesawat, kita diharuskan untuk naik subway yang akan mengantarkan kita menuju Arrival Hall untuk immigration check dan klaim bagasi. Ketika saya travelling ke Hong Kong, perhentian kedua adalah perhentian yang tepat.

2. Isi Data Imigrasi Dengan Lengkap.

Untuk menghindari lamanya pemeriksaan imigrasi, sebaiknya isi data traveller dengan lengkap. Jangan lupa untuk menuliskan nama hotel dan lokasi hotel (apabila menginap di hotel) atau tulis tempat tinggal sejelas mungkin. Ketika saya pergi ke Hong Kong, saya menginap di Mini Hotel yang terletak di daerah Causeway Bay, maka untuk kolom alamat, saya isi Mini Hotel Causewaybay. Jangan lupa untuk selalu menuliskan nomor penerbangan yang tertera di boarding pass ya.

3. Beli SIM Card (Nomor Perdana).

Saya merekomendasikan readers untuk membeli SIM Card sejak dari Indonesia. Banyak website menawarkan SIM Card yang bisa diambil ketika sampai di HKIA. Jangan sungkan untuk meminta tolong penjual mengaktifkan SIM Card di ponsel kita. Berdasarkan pengalaman saya, www.klook.com adalah website terpercaya untuk membeli SIM Card secara online. Dengan mengaktifkan SIM Card Hong Kong selama travelling, maka tidak perlu takut lagi tersasar atau tidak tahu keamana arah yang dituju.

Tourist's Octopus Card

4. Octopus Card.

Octopus Card adalah kartu serba bisa yang berlaku di Hong Kong. Kartu ini dapat digunakan untuk pembayaran transportasi dan alat bayar di mini market seperti 711 atau yang lain. Jadi selain menggunakan uang kontan di mini market, readers bisa tap Octopus Card di kasir untuk membayar. Kartu ini bisa dibeli di konter Airport Express di Arrival Hall atau di konter tour & travel di sekitar. Saya sendiri membeli Octopus Card untuk turis di konter A13 bernama Beng Seng Travel karena antrian di konter Airport Express cukup panjang.

Airport Express Ticket

5. Airport Express Ticket.

Hong Kong adalah negara yang terdiri dari banyak pulau. Untuk menuju ke Kowloon dan Pulau Hong Kong, travellers membutuhkan 60 menit jika menggunakan taxi, bus, atau kendaraan darat lainnya. Sedangkan dengan Airport Express, travellers hanya membutuhkan 20 menit untuk sampai ke Hong Kong Island (pemberhentian terakhir). Airport Express adalah kereta bawah tanah super cepat dari dan menuju HKIA. Travellers bisa menggunakan Octopus Card untuk membayar Airport Express, tetapi apabila readers telah membeli iVenture Card Hong Kong, sebaiknya readers membeli Airport Express Ticket untuk menghemat 25% biaya perjalanan.

6. Cari Petunjuk Exit MTR Station Terdekat dari Hotel.

MTR adalah Mass Transit Railway. Hong Kong adalah negara dengan koneksi internet super cepat. Tercatat Hong Kong berada di peringkat ke-3 dalam daftar koneksi internet tercepat di Asia. Sesampainya di HKIA, travellers bisa langsung konek ke WI-FI HKIA dan mencari info exit MTR terdekat dari hotel travellers tinggal. Berbeda dengan exit stasiun MRT di Singapore yang berjarak cukup dekat, di Hong Kong exit MTR berjarak cukup jauh. Dengan mengetahui exit MTR terdekat dari hotel, travellers bisa menghindari kegiatan memutar jalan sembari membawa koper yang tidak ringan tentunya. Informasi exit MTR dapat travellers dapatkan dari website resmi hotel atau dengan menghubungi hotel via e-mail atau telepon.

Me Heading to Subway
Untuk info lebih lengkap mengenai hal-hal yang berhubungan dengan HKIA, readers dapat membaca di website resmi HKIA, yaitu: http://www.hongkongairport.com/eng/index.html.




Happy Reading,

You Might Also Like

4 komentar

  1. Best hotle booking from klook grab a maximum discount using Kode Voucher KLOOK

    ReplyDelete
  2. Terima kasih untuk memberi kami waktu Anda yang berharga di artikel ini karena saya suka bepergian ke tempat-tempat baru di Indonesia jika Anda juga menyukainya, jadi ambillah Kode Voucher Klook untuk memesan hotel secara online dan mendapatkan diskon maksimum.

    ReplyDelete
  3. Mba, nanya dong...octopus card bisa dipake ubtuk airport express train kan ya. Charge-nya kira2 brp, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi. Octopus card bisa dipake kok untuk airport express. Harganya bisa kamu cek di http://www.mtr.com.hk/en/customer/services/airport_express_index_tourist.html di bagian online purchase ya.

      Delete